Kamis, 02 November 2017

Selalu Gagal Registrasi Kartu SIM? Mungkin Anda Telah Memperbarui KK

Source : www.tribunnews.com
Ternyata banyak pelanggan operator seluler yang mengalami kegagalan dalam melakukan registrasi kartu SIM prabayar, baik melalui sms ke 4444 maupun di situs resmi operator. Coba ingat-ingat kembali, apakah satu tahun belakangan ini Anda pernah mengubah pembaruan data di Kartu Keluarga (KK) Anda? Faktanya, banyak yang gagal ketika menggunakan nomor KK baru dan malah berhasil dengan nomor KK lama.

Menurut Direktur Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) dari Kementerian Dalam Negeri (KEMENDAGRI), Zudan Arif Fakhrullah, nomor KK itu memang terus berubah bila diganti, seiring terjadinya perubahan data di dalamnya. Sedangkan NIK itu sifatnya tetap, tidak berubah. Jadi, kegagalan registrasi terjadi karena konsolidasi perubahan database tersebut (dari masing-masing dinas ke pusat) belum selesai ter-update.

Solusi dari beliau ialah dengan datang langsung ke gerai operator seluler yang terdekat, kecuali pelanggan Telkomsel dapat melalui call centernya saja. Sedangkan menurut Plt KaBiro HUMAS KEMKOMINFO, Noor Iza, silakan mencoba ulangi pendaftaran melalui sms sebanyak 5 kali hingga muncul pesan konfirmasi untuk memasukkan data NIK dan nomor KK Baru yang Anda yakini tadi. Akan tetapi, data yang diberikan harus valid. Jika tidak valid maka ada sanksi hukum ke depannya.
Emh, gimana untuk pelanggan yang sudah terlanjur berhasil registrasi dengan nomor KK lama ya? Apakah boleh dan sudah aman atau perlu ribet registrasi ulang lagi karena mesti mengganti data nomor KK baru? Harus capek-capek ke gerai atau kasih waktu untuk menelepon call center operator? Karena kalau lewat sms dan situs resmi operator, nomor yang sudah diregistrasi tidak bisa diubah.
Semoga postingan ini dapat membantu sosialisasi program baik yang sudah dipikirkan secara matang oleh pemerintah. Buat Anda yang merupakan pelanggan baru atau lama Zalora Indonesia, ini ada kode voucher ZBAPQAKC untuk belanja dengan diskon 15%. Kalau yang ini tidak perlu registrasi ulang dan anti gagal :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar